Friday, September 13, 2013

Air Panas & Air Terjun Gonoharjo - Wisata alam yang mengasyikkan

Satu lagi wisata alam yang cukup dikenal oleh sebagian masyarakat kendal dan semarang adalah air panas dan air terjun gonoharjo, atau penduduk sekitar sering menyebutnya nglimut (baca juga: Goa Kiskendo, Air terjun gongso). Wisata ini terletak di Desa Gonoharjo Kecamatan Limbangan Kabupaten Kendal.

Untuk mencapai ‘nglimut’ jika anda berangkat dari Kota Semarang, anda bisa lewat jalur jerakah yaitu pertigaan lampu merah di depan polsek tugu arah ke Boja. Dengan menempuh waktu sekitar kurang lebih 1 jam perjalanan santai anda bisa sampai ke wisata alam ini. Wisata alam yang sejuk dan menyegarkan, karena letaknya berada di lereng gunung ungaran atau masyarakat sekitar lebih mengenalnya dengan sebutan gunung medini.

Sementara itu untuk anda yang berasal dari semarang atas atau kabupaten semarang, bisa melewati gunung pati kemudian tembus di cangkiran dan langsung saja naik menuju arah limbangan. Tidak perlu takut tersesat karena papan petunjuk arah terdapat di beberapa titik selama perjalanan menuju nglimut. Disini kita akan disuguhi pemandangan persawahan yang luas dan asri, berlatar belakang megahnya gunung ungaran.

Kemudian bagi yang berdomisili di Kota Kendal dan sekitarnya bisa langsung naik menuju Boja lalu Limbangan melalui Kaliwungu. Perjalanan dari Kota Kendal menuju ke atas atau ke boja dan Limbangan tidak akan membosankan, karena kita akan melewati kawasan hutan jati dan hutan hujan yang berada di sepanjang perjalanan. Selain itu jika beruntung kita bisa melihat kera ekor panjang yang berlompatan atau berlari menyebarangi jalan raya yang kita lalui. Bahkan bagi anda pecinta durian jika sedang musim durian bisa menikmatinya di sepanjang perjalanan, sebab akan banyak warga yang menjual duriannya di pondok-pondok sederhana yang dibangun seadanya.

Setelah sampai di wisata nglimut, anda yang suka dengan wisata adventure atau wisata petualangan bisa mencoba menyusuri jalan setapak menuju sumber air panas maupun air terjun yang berkelok naik dan turun. Selama perjalanan anda akan disuguhi pemandangan hijau alam dari hutan yang masih terjaga dan suara merdu burung bersautan membuat rasa lelah tidak begitu terasa. Tapi jangan khawatir karena selama perjalanan terdapat gazebo-gazebo istirahat yang dapat kita gunakan jika ingin menikmati suasana tenang dan damai selagi mengumpulkan tenaga untuk melanjutkan perjalanan.

Setelah tenaga pulih kita bisa melanjutkan perjalanan, namun sebelum sampai ke sumber air panas, kita akan melewati jembatan merah yang melintang di atas sungai kecil beralirkan air pegunungan yang segar dan jernih. Disini kita bisa bermain air disungai atau sekedar mencuci muka karena airnya sangat menyegarkan, pemandangannya juga cukup indah, melihat dan mendengar gemericik air mengalir di antara batu-batu besar dan kecil yang ada di tengah sungai.
Sungai di bawah jembatan merah














Setelah kita melewati jembatan merah ini maka kita akan sampai di pemandian air panas alami yang langsung dari sumber air panasnya.
Disini bagi anda yang ingin mandi air hangat sangat cocok karena selain bisa untuk pengobatan juga bisa untuk menghilangkan pegal-pegal setelah perjalanan yang ditempuh. Tapi saran saya adalah mandi air hangat dilakukan setelah kita sampai pada air terjunnya, karena setelah puas bermain di air terjun, kita mengistirahatkan badan di kolam pemandian air panas yang nyaman. Tidak perlu takut kelaparan disini karena tepat di sekitar lokasi kolam air panas terdapat warung yang menjajakan makanan dan minuman yang dapat mengisi perut kosong kita.
sumber air panas alami

 






 Nah disini ada dua air terjun, kedua air terjun ini lokasinya setelah kolam pemandian air panas semua. Jadi ibaratnya jika sudah sampai kolam air panas, kita sudah tiga perempat jalan mencapai air terjun. Air terjun pertama tidak terlalu jauh dari kolam air panas namun ukurannya kecil dan tidak terlalu tinggi, sementara air terjun utamanya kita masih harus berjalan lagi naik ke atas melewati jalan hutan yang masih alami.
air terjun pertama
Berhubung saya pribadi belum pernah sampai ke air terjun utama karena waktu itu jumat dan mengejar sholat jumat, maka saya dan teman-teman memutuskan untuk turun dan kembali setelah melewati air terjun pertama. Tapi bagi rekan-rekan yang penasaran, bisa melanjutkan perjalanan sampai ke air terjun utamanya dan menikmati indahnya lukisan tuhan di nglimut ini.


akhir perjalanan kami menuju air terjun utama

Selamat mencoba dan nikmatilah wisata alam di Kendal. Jaga dan rawatlah alam kita. :-)

                                         Video perjalanan air terjun-air panas gonoharjo
 
Video perjalanan dari kaliwungu menuju boja-limbangan
 

No comments:

Post a Comment