Wednesday, October 15, 2014

Etika dalam Politik -- Benoit Girardin (2)

Benoit Girardin menjelaskan etika politik melalui 7 (tujuh) poin yaitu: 


e. Politik Tidak Sama Dengan Proses Sosial Dan Ekonomi 

Politik memiliki ciri khas khusus, dan itu bukan hanya refleksi dari proses sosial dan ekonomi semata. Pertama, negara lebih dari masyarakat. Untuk mengaktifkan kehidupan sosial, kerangka peraturan diperlukan yang memungkinkan dan melindungi antar ikatan resmi, interaksi, kontak, solidaritas, status, suku dan identitas sosial. Politik mengatur sejarah, masyarakat, hingga keputusan konkret dapat diambil dan sejarah dibuat. 

Disisi lain, hukum perlu ditegakkan sehingga perselisihan dapat diselesaikan dan penipuan ditekan. Lembaga untuk manajemen publik dan berisi uji coba diperlukan, kekuasaan dan kekuatan yang sah juga dibutuhkan. Aturan hukum adalah fitur lain yang membedakan negara dari masyarakat. Negara terdiri dari dua elemen, kekuatan dan hukum. Negara akan berlangsung terus karena kompromi yang masuk akal dan aliansi dengan mantan lawan adalah bagian dari permainan, dan karena mereka harus bertanggung jawab bukan hanya kepada warga hari ini tetapi juga untuk generasi yang akan datang. Selain itu, ancaman lingkungan bukan hanya tantangan tetapi juga menjadi  alat solidaritas antar generasi yang  tertanam dalam skema sosial dan kedalaman politik. 

Kemudian perbedaan dengan ekonomi, terdapat hubungan yang lebih halus dan lebih kompleks didalamnya. Pada pendekatan Marxis terdapat kekurangan untuk mengembungkan faktor politik dan ekonomi, dan hal itu berakibat pada kehilangan kekhususan politik, termasuk patologi politik. Namun, sejatinya politik melampaui ekonomi, dan pilihan etis dalam politik melampaui rasionalitas ekonomis pada hal prospek dan biaya, meskipun politik tetap harus mengambil ekonomi menjadi pertimbangan. Tapi ilmu ekonomi hanya membantu untuk menilai kebijakan, biaya mereka serta hasil panen mereka, untuk agenda primer, dan membuat pilihan politik yang eksplisit. 

Selain itu ekonomi juga membentuk jembatan istimewa antara etika dan politik atau dengan kata lain, ekonomi menawarkan jalur yang diperlukan dari politik dengan etika. Faktor biaya tidak dapat diabaikan dalam setiap pertanyaan etika politik.

f. Etika Politik Berbeda Dari Etika Kelompok Dan Bisnis Dan Etika Personal

Lembaga dan organisasi masyarakat sipil yang mirip tapi tidak identik dengan politik. Negara bukanlah lembaga bebas. Mereka bukan hasil dari memilih fasilitas gratis, meskipun negara juga mencakup beberapa unsur kontrak sosial. Lembaga dapat mempengaruhi, menginspirasi, menyarankan, atau merekomendasikan tetapi tidak memiliki tanggung jawab untuk mengatur dan menegakkan hukum. Mereka mirip dalam apa yang mereka telah memenuhi persyaratan sosial atau harapan yang telah diproses melalui perdebatan dan argumen. Mereka berbeda dari masyarakat, lawan dapat diundang untuk meninggalkan sebuah organisasi ketika mereka tidak lagi setuju dengan tujuannya atau proses, sedangkan warga tidak setuju dengan mayoritas biasanya tetap menjadi warga negara mereka.

Disisi lain, bisnis dapat menampilkan beberapa kompleksitas organisasi dan memerlukan kepemimpinan strategis. Namun mereka berbeda dari negara-negara dalam mereka bertanggung jawab kepada kelompok-kelompok tertentu, pertama pemilik atau pemegang saham dan kedua kepada pelanggan. Sebuah perusahaan juga membuat pilihan dan mungkin memutuskan untuk tidak pergi untuk suatu produk atau tender untuk kontrak tertentu. Negara bertanggung jawab kepada semua warga negara dan tidak dapat dengan mudah menolak dimensi kunci hidup bersama. Orang mungkin memilih atau tidak untuk membeli saham atau produk, tapi warga tidak dapat lepas dari kehidupan bermasyarakatnya. Mungkin bisnis dapat memberhentikan staf, tetapi negara tidak bisa memperlakukan warganya secara berlebihan. 

Penguasa sebagai individu adalah subyek etis. Mereka diharapkan tidak terlalu jujur, tidak terlalu tidak adil, bahkan sama sekali tidak jujur dan tidak adil. Mereka seharusnya untuk melawan kesulitan, bukan hanya untuk memegang teguh tetapi beradaptasi bila diperlukan, untuk mendorong dan mengelola proses. Mereka yang diharapkan dipandu dengan visi, kepemimpinan dan manajemen: strategi yang baik dan taktik profesional, dengan kedua profil dan gaya. 

Oleh karena itu perlu jelas menegaskan bahwa kepemimpinan politik yang bertanggung jawab tidak hanya soal kebajikan individu. Sensitivitas terhadap harapan masyarakat dan tanggung jawab untuk pemilih juga merupakan masalah komitmen politis dan budaya politik, terlepas dari individu. 

Sehubungan dengan nilai-nilai sosial, etika politik tidak terbatas tetapi melampaui partai politik, yang menyerupai sebuah lembaga. Ini harus menyediakan platform etika umum di mana partai-partai atau lembaga dapat berdiri bersama dan bergandengan tangan.

g. Etika politik mencakup mulai dari legislatif sampai masyarakat 

Etika politik tidak hanya mencakup kalangan atas, seperti presiden, kementerian, atau sekretaris negara. Ini meluas ke anggota parlemen, lembaga peradilan dan PNS, bisnis, organisasi masyarakat sipil, media, dan masyarakat. Kebanyakan pilihan-pilihan politik yang sehat didasarkan pada proses konsultasi besar yang mengambil kepentingan secara divergen, membuat kompromi dan menyatukan komitmen individu. Perundingan ini sering kali menghasilkan sesuatu yang bersifat menguntungkan semua pihak yang terkait, berdasarkan nilai-nilai bersama, mereka mungkin melampaui matematika untuk menemukan sedikit perlawanan atau paling tidak konvergensi.

Hal ini sangat penting ketika suatu konflik dan kepentingan divergen ditangani melalui negosiasi terbuka dan adil dan tidak mengandung pembajakan, kekerasan atau penghapusan. Ketika hubungan masyarakat tidak memenuhi persyaratan tersebut, maka ketegangan bisa tumbuh berbahaya. Etika politik dikonsolidasikan pada titik konvergensi antara penguasa, lembaga dan warga negara. Memerangi korupsi secara efektif mensyaratkan bahwa semua bidang sosial bekerja sama secara konsisten dan terkoordinasi

Baca Juga Etika dalam Politik -- Benoit Girardin (1)

Sumber Benoit Girardin. 2012. “Globethics.net Focus 5 BenoĆ®t Girardin, Ethics in Politics”. Genewa: Globethics.Net.

No comments:

Post a Comment