Saturday, November 15, 2014

3 Hal Seru di Jateng Fair 2014


11 September 2014 yang lalu setelah hampir dua minggu selesai KKN, saya dan teman-teman KKN Desa Mranggen berkunjung ke Pameran Jawa Tengah untuk mengisi kerinduan. Banyak keseruan-keseruan yang bisa kita temukan di Jateng Fair. Seperti menikmati wahana hiburan keluarga maupun pameran-pameran berbagai produk dan daerah se-Provinsi Jawa Tengah. Allright, langsung saja kita lihat keseruan-keseruan di Jateng Fair yang sempat terekam dalam kamera. Enjoy it.
1. Pameran Produk Unggulan Kabupaten-Kabupaten dan Instansi se-Provinsi Jawa Tengah
Ini adalah pintu masuk ke dalam area pameran Jateng Fair bagi pengunjung yang menggunakan kendaraan roda dua, karena memang posisinya yang berada tepat di sekitar area parkir sepeda motor. Berhubung saat datang kesana sore hari, jadi suasana Jateng Fair masih cukup sepi dari pengunjung. Namun saat malam tiba, tepatnya setelah maghrib maka Jateng Fair mulai ramai oleh pengunjung. Tua, muda, anak-anak, keluarga, pasangan kekasih sampai kelompok jomblo-jomblo yang datang ramai-ramai ke Jateng Fair hanya untuk menghabiskan waktu senggang.
Begitu kita masuk dari parkiran sepeda motor maka langsung akan disuguhi dengan pameran dari kabupaten-kabupaten dan instansi-instansi se-Provinsi Jawa Tengah. Salah satunya adalah ini contoh booth pameran milik Pemkab Kendal, namun sayang saat kesana booth dari Kendal ini masih tutup. Lewat pameran ini kita jadi tahu produk-produk unggulan dan keunikan masing-masing kabupaten yang ada di Jawa Tengah yang ternyata menyimpan banyak potensi untuk dikembangkan lebih lanjut. Oia, tak jarang beberapa booth juga menyiapkan doorprize untuk menarik pengunjung, seperti dari Bina Marga Provinsi Jateng yang menyiapkan doorprize sepeda gunung dan hadiah-hadiah kecil lainnya.
Nah, karena acara ini adalah acara pameran untuk Jawa Tengah maka sudah wajib hukumnya kalau maskot Jawa Tengah juga dimunculkan. Lewat dua buah patung manusia dengan paruh burung yang unik, maskot jawa tengah ditampilkan sebagai sebuah keluarga sederhana yang disebut keluarga Sipodang. Dengan burung sipodang yang dikenal sebagai burung yang selalu tampil cantik, rapi, bersih dan pesolek, maka Provinsi Jawa Tengah seharusnya juga selalu tampil cantik, rapi, bersih, dan mempersolek diri selalu. Namun sayang, Provinsi Jawa Tengah belum mampu bersolek dengan cantik, rapi, dan bersih karena masih banyak persoalan-persoalan yang membuat Jawa Tengah kurang cantik, rapi, dan bersih. Sehingga semakin lama semakin tertinggal dengan kota-kota besar lain di Indonesia.
2. Banyak Wahana Hiburan Menarik (Snow Ghost, Kora-kora, Rumah Hantu, Taman Lampion Korea, dsb)
Setelah perut kenyang dan sholat maghrib selesai ditunaikan, maka selanjutnya adalah menikmati wahana hiburan yang ada di Jateng Fair. Wahana pertama yang dikunjungi adalah Snow Ghost, snow ghost ini adalah rumah hantu yang beda dari rumah hantu yang selama ini kita kenal. walaupun namanya hantu salju, tapi justru wahana ini sangat menghibur dan tidak menakutkan. Hal itu karena wahana ini adalah wahana yang menghadirkan suasana salju dan hantu-hantunya yang "lucu", sehingga cocok untuk semua umur dan lebih disukai anak-anak serta wanita. Dengan masuk ke wahana ini kita seperti masuk ke dunia salju karena semuanya serba putih. Selain itu wahana ini juga memiliki spot foto yang ajiib seperti di pohon salju yang tersusun dari lampu-lampu putih kecil berbentuk bunga salju. Seru deh pokoknya.
Suasana di dalam Snow Ghost menjadi salah satu spot foto favorit pengunjung
Nah di awal masuk Snow Ghost kita akan disambut hantu berbaju merah yang berdiri di pojokkan. Hantunya ramah lho mau diajak foto. 
Spot foto favorit lainnya di area pohon salju (saya menyebutnya), di isi suasana sedikit lebih segar karena ada air yang disemprotkan dengan halus di area ini, jadi segar-segar basah suasanya.
Di dalam Snow Ghost kita juga bisa ajak foto hantunya. Kayaknya ini nih hantu saljunya.
Puas dengan Snow Ghost, kini saatnya menjajal wahana pemacu adrenalin, Kora-Kora. Yak, tujuan selanjutnya yang membuat datang di Jateng Fair mengasyikkan adalah dengan mencoba berbagai wahana hiburan yang ada. Dimulai dengan kora-kora yang sepi saat kami mau naik dan berubah menjadi ramai setelah kami turun. Waktu naik nih kora-kora kami memang ramai-ramai teriak ketakutan asli dan dibuat-buat yang mengundang pengunjung lain datang dan melihat wahana kora-kora. Karena tau kami adalah tipe pengunjung 'heboh' maka operator kora-kora dengan sengaja memperlama dan mempercepat kora-kora, akhirnya, saat kora-kora semakin cepat dan semakin tinggi, semakin lemah juga teriakan kami karena mulai pusing-pusing dan mual. Sementara kami pusing dan mual, operator tetap mempercepat dan memperlama permainan untuk menarik pengunjung lainnya. Alhasil, saat turun dari kora-kora ada teman yang sudah lunglai karena lemas. Wajib coba pokoknya deh buat seru-seruan bareng teman-teman kalian.
Nah setelah adrenalin terpacu lewat wahana kora-kora, lalu dilanjutkan dengan memasuki wahana rumah hantu. Dari luar rumah hantu ini terdengar menyeramkan karena banyak bunyi-bunyi yang dibuat oleh operator rumah hantu. Tapi walaupun begitu, masuk rumah hantu ini memang seru karena hantunya 'rame' alias bikin kaget dan 'agresif'. Oia, untuk yang takut hantu atau masuk wahana kayak gini, ada tips untuk mengatasinya. Pertama, usahakan kalau rumah hantunya ada pemandunya maka berjalan di paling depan, tepat di belakang pemandu. Dengan tepat berada di belakang pemandu maka kita jarang menjumpai hantu-hantu secara langsung, karena biasanya hantu akan keluar setelah pemandu lewat sehingga yang lebih sering kena hantunya adalah yang berada diurutan tengah. Jadi itu tips untuk yang masih takut masuk kerumah hantu, berjalan di depan lebih mengurangi potensi kita bertemu/dikagetkan oleh sang hantu. Selamat mencoba.
Untuk yang suka olahraga pemicu adrenalin juga bisa cobain wahana bungee trambolin ini. Kebetulan saat itu teman perempuan yang mencoba wahana ini, memang suka serba beradrenalin teman satu ini. Wahana ini untuk semua kalangan bagi yang berani, saat bersamaan juga saat itu sedang ada anak kecil yang mencoba wahana ini. Kalian akan ditarik dan dilepas keudara dengan memanfaatkan gaya pegas dari sling-sling yang ada di kanan kiri kalian. Buat yang suka adrenalinnya terpacu pasti akan suka mencoba wahana ini.
Terakhir, setelah puas bermain dengan adrenalin kini saatnya ditutup dengan wahana yang lebih ringan. Datang ke taman lampion korea dapat menjadi pilihan untuk menutup malam kalian di Jateng Fair. Dengan suasana yang dibuat seperti di korea dengan menggunakan lampion-lampion maka tempat ini juga cocok buat yang suka foto-foto apalagi yang suka dengan korea khususnya K-Pop.

3. Menikmati Kuliner-Kuliner Khas Jawa Tengah
Nah, alasan lain kenapa Jateng Fair menjadi tempat yang seru untuk dikunjungi adalah kita dapat menikmati berbagai kuliner yang ada di Jawa Tengah dan Indonesia secara umum. Walaupun merogoh kocek agak dalam karena harganya harga pameran tetapi suasanya enak untuk menghabiskan waktu bersama teman, keluarga, atau pasangan kita. Bisa dengan menikmati tahu gimbal yang merupakan makanan khas semarang, kemudian ada bakso, mie ayam, nasi goreng, sate dan banyak lagi jenis kuliner yang bisa kita cicipi di Jateng Fair. So, walaupun Jateng Fair 2014 sudah selesai. Pastikan kalian semua datang dan nikmati keseruan di Jateng Fair selanjutnya di tahun 2015. Sampai ketemu di Jateng Fair 2015.


No comments:

Post a Comment