Sunday, October 19, 2014

Rafting Seru di Sungai Elo Magelang

Sungai Elo di Kabupaten Magelang mungkin sudah menjadi salah satu wisata air atau Rafting yang terkenal di lingkungan masyarakat Jawa Tengah. Sungai yang beralamat lengkap di Desa Pare, Blondo Kelurahan Mungkid, Jawa Tengah ini dekat dengan obyek wisata lain seperti: Candi Mendut dan Candi Borobudur. Dengan panjang 12 kilometer dan jeram-jeram mulai dari kelas II sampai dengan III, menawarkan wisata adrenalin kepada para wisatawan.


Tanggal 1 September 2014 yang lalu bersama teman-teman KKN dari Desa Mranggen Kab. Magelang melakukan rafting di Sungai Elo. Dengan enam orang yang ada kami mengikuti paket rafting yang dimulai pada pagi sampai siang hari. Bertepatan dengan awal musim kemarau membuat sungai elo sedikit surut sehingga perahu sering stuck di jeram-jeram yang surut. Walaupun begitu tetap tidak mengurangi keseruan selama rafting di Sungai Elo.

Selain bisa menikmati lonjakan adrenalin selama melewati jeram-jeram yang ada, kita juga bisa menikmati keindahan alam di sepanjang sungai elo dengan berenang santai di wilayah yang tenang. Cukup banyak wilayah sungai yang tenang sehingga kita bisa puas bermain air di sungai bersama teman-teman. Apalagi jika kita berpapasan dengan peserta lainnya dan saling kejar/bermain air antar perahu. Cukup seru jika selama rafting bisa bersama-sama dengan peserta rafting lainnya.
Karena tidak diperbolehkan membawa kamera maka foto-foto ini diambil dari darat oleh operator rafting. 
Dalam melewati jeram-jeram yang ada, tak jarang kita harus berdiri atau bertukar posisi untuk memudahkan saat 'nyangkut' di bebatuan.
Untuk mampu melewati jeram dengan sukses dibutuhkan kerjasama antar sesama. Dalam satu boat harus bersama-bersama mendayung dan mengarahkan agar perahu tidak 'nyangkut'. Percikan air dan terjangan jeram sungai membuat perjalanan rafting menjadi seru dan segar karena bisa basah-basahan di air sungai yang dingin. Oia, saat tidak ada jeram, kita juga bisa terjun kesungai untuk menikmati 'hanyut' disungai elo, atau bisa juga dengan bermain di atas boat dengan berdiri bersama-sama dipinggir boat dan menyeimbangkan posisi masing-masing, jika tidak maka siap-siap untuk jatuh kedalam sungai semuanya.
Setelah sampai tempat istirahat di setengah perjalanan rafting, maka operator akan sengaja menjatuhkan pesertanya kedalam sungai dengan membalikkan perahu. Seru dan asik saat kita jatuh bersama-sama dengan teman lainnya.
Bersantai di air sesaat setelah jatuh dari perahu di titik peristirahatan.
Dalam komplek operator rafting juga disediakan kolam renang dalam untuk yang berani melompat dari ketinggian 10 meter lebih.
Sebelum meninggalkan lokasi rafting maka foto bersama dulu untuk kenang-kenangan sudah rafting di sungai elo Magelang.


No comments:

Post a Comment