Friday, November 6, 2015

Enam Bidang Pekerjaan Sarjana Ilmu Pemerintahan/Politik (Part-1)


Bagi masyarakat umum, gelar Sarjana Ilmu Politik mungkin terdengar “WOW” dan bergengsi. Sebagian besar masyarakat memandang Sarjana Ilmu Politik nantinya akan menjadi PNS, Pejabat Negara, Pejabat Daerah, anggota DPR atau DPRD, Gubernur, Bupati atau Walikota, dan masuk menjadi anggota sebuah partai politik. Namun sebenarnya apa saja cakupan atau peluang kerja Sarjana Ilmu Politik?

Tidak melulu berhubungan dengan politik seperti yang sudah saya sebutkan tadi, Sarjana Ilmu Politik juga dapat bekerja pada bidang-bidang lain yang mungkin tidak ada hubungannya sama sekali dengan politik.

Langsung saja, dibawah ini adalah beberapa (enam) kelompok bidang pekerjaan yang dapat diisi oleh Sarjana Ilmu Politik. Bahasan ini akan dibagi menjadi dua bagian supaya tidak terlalu panjang dan bosan membacanya. 

Bagian pertama:

1.  Bidang Pemerintahan
Bidang ini adalah salah satu bidang pekerjaan yang sangat cocok untuk Sarjana Ilmu Politik. Jika bekerja pada bidang ini maka para Sarjana Ilmu Politik akan menjadi Aparatur Sipil Negara atau yang lebih kita kenal sebagai PNS. Sarjana Ilmu Politik juga dapat masuk ke semua instansi pemerintahan baik pusat maupun daerah.

Bekerja pada bidang pemerintahan akan membuat Sarjana Ilmu Politik bertemu dengan aktifitas politik dan kegiatan pemerintahan yang selama ini telah dipelajari selama kuliah. Ilmu yang didapat dibangku kuliah akan terpakai dan terus berkembang seiring dengan bertambahnya pengalaman bekerja pada bidang pemerintahan.  

2. Bidang Politik
Bidang Politik juga salah satu bidang pekerjaan yang sangat cocok untuk Sarjana Ilmu Politik, dari namanya saja Bidang Politik, otomatis bidang pekerjaan ini banyak membutuhkan Sarjana Ilmu Politik. Bidang pekerjaan Politik ini meliputi pekerjaan yang memang berhubungan langsung dengan politik, seperti: konsultan politik, analis politik, mencalonkan diri menjadi anggota dpr atau dprd, mencalonkan diri menjadi calon gubernur atau kepala daerah, dan aktif pada kegiatan partai politik baik tingkat nasional maupun lokal.

Sebenarnya bidang politik dan pemerintahan saling berkaitan dan tidak bisa benar-benar dipisahkan. Sebab dalam pemerintahan juga terjadi proses politik yang justru perannya sangat besar dalam menentukan berbagai aspek kehidupan di masyarakat.

Jadi, bidang Politik dan Pemerintahan adalah dua bidang pekerjaan yang sangat cocok untuk Sarjana Ilmu Politik. Sudah semestinya Sarjana Ilmu Politik yang bekerja pada bidang ini dapat menerapkan ilmu yang telah dipelajari dan membawa perubahan yang lebih baik bagi pemerintahan dan politik di Indonesia.

3. Bidang Pendidikan
Bagi para Sarjana Ilmu Politik yang suka dengan dunia pendidikan serta yang ingin memperdalam keilmuannya di bidang politik, bidang ini adalah bidang yang cocok dan dapat masuk menjadi dosen atau tenaga pendidik. Tidak sedikit Sarjana Ilmu Politik yang melanjutkan sekolahnya untuk memperoleh gelar Master hingga Doktor untuk menjadi dosen dan mengabdi pada bidang pendidikan.

Bagi para Sarjana Ilmu Politik yang memang sudah berniat akan menjadi dosen atau terjun ke dunia pendidikan, maka lanjutkan perjuanganmu dan niatkanlah sungguh-sungguh akan memberi pendidikan yang berkualitas kepada junior-juniornya yang masih kuliah di Jurusan Ilmu Politik dan mengembangkan keilmuannya untuk kemajuan Bangsa. (1/2

No comments:

Post a Comment