Friday, April 19, 2013

Langkah Sederhana Membuat Aquascape

Aquascape / aquascaping merupakan seni menghias tanaman dengan media air khususnya aquarium dengan mengutamakan keindahan dan kemiripan dengan ekosistem alam. Selain itu aquascape juga bisa di isi dengan berbagai jenis ikan hias yang dapat memperindah hasil akhir aquascape itu sendiri. Aquascape bisa di lakukan di semua ukuran aquarium, misalnya dari bekas toples yang bisa jadi aquascape mini (baca juga: Aquascape Mini Sederhana). Berikut langkah sederhana untuk membuat aquascape :
Alat-alat
Bagi yang memiliki dana lebih bisa langsung membeli semua peralatan yang dibutuhkan. Jika anggaran terbatas lebih baik beli peralatan dasar terlebih dahulu, seperti nomor 1-4/5 dan nomor 9.
  1. Aquarium : Dengan ukuran 50x40x40cm bekas saya dulu waktu SD, lupa harganya. Mungkin sekarang sekitar 70-80 ribu
  2. Filter : Jebo Hang on 503 harga 95.000 beli lewat internet (beli disini). Tidak semua toko aquarium menjual jenis filter ini, kebanyakan justru tidak mengenal filter jenis ini. (baca juga: membuat filter kolam ikan hias sederhana)
     
  3. Lampu : Pakai lampu celup putih 6 watt merk Cosmo harga 25.000

  4. Pasir silica : Ukuran satu karung harga 75.000. Dalam hal penggunaan pasir sesuai keinginan apakah menggunakan pasir silica atau pasir malang. 
  5. Pasir malang : Satu karung harga 25.000, bareng belinya sama pasir silica.

  6. Pupuk dasar : Kebetulan pakai merk tetraplant harga 114.000, ada juga yang jual eceran per plastik setengah kilo. Untuk harga sesuai merk sih, cari yang sesuai kondisi keuangan lebih baik.
  7. Batu : Cukup menggunakan batu-batu kecil yang ada di sekitar rumah dan sudah berlumut agar kelihatan indah.
     
  8. Pinset : Ini merupakan salah satu alat yang susah dicari, hampir sama seperti filter hang on tidak banyak penjual yang tahu dan menjualnya. Akhirnya saya dapat di tempat perbelanjaan walau agak mahal dengan harga 54.000. Sebenarnya penggunaan ini tidak terlalu perlu, namun sangat membantu untuk menanam tanaman-tanaman berukuran kecil.
  9. Tanaman : Banyak jenis tanaman yang bisa dipakai, untuk permulaan pilih saja tanaman yang mudah untuk hidup. Setelah ekosistem di dalam aquarium stabil dan tanaman awal hidup bisa di tambah dengan tanaman lain yang harganya mulai dari ribuan sampai puluhan ribu.
Proses Pembuatan 
  1. Siapkan aquarium
  2. Taburkan pupuk dasar secukupnya
  3. Masukkan pasir silica/malang dengan ketebalan -+ 1cm dan aduk rata pasir dan pupuk sampai tercampur merata.
  4. Masukkan lagi pasir silica/malang sampai ketebalan total -+ 5cm atau sesuai selera. Tahap ini kita bisa membuat landscape yang di inginkan, usahakan terdapat bagian yang lebih rendah untuk pengendapan kotoran.
  5. Masukkan batu dan kayu lalu tata sesuai keinginan
  6. Masukkan air sampai tinggi -+ 5/10 cm untuk memudahkan penanaman. Agar air tidak merusak pasir yang ada bisa menggunakan piring kecil sebagai perantara masuknya air. 
  7. Tanam tanaman yang akan di tanam dan atur sesuai keinginan.
  8. Pasang filter aquarium
  9. Isi aquarium dengan air sampai penuh, untuk permulaan air akan tampak kotor. Tunggu beberapa hari sampai air benar-benar bersih.
  10. Terakhir masukkan ikan hias sesuai selera. Untuk aquascape sebenarnya lebih cocok ikan-ikan kecil seperti neon tetra atau zebra.
  11. Tunggu dan lihat hasil akhir pekerjaan anda selama beberapa minggu kedepan dan nikmati keindahan aquascape hasil kreasi anda.

8 comments:

  1. Replies
    1. thanks gan, masih cuma buat selingan aja ini.

      Delete
  2. Apakah ada informasi dimana penjual pasir malang yang murah? Thanks

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Nice artikel..

    Peralatan yang disebutkan diatas memang menjadi kebutuhan dasar untuk membuat aquascape, lampu sendiri dapat dianggap sebagai jantungnya aquascape yang berfungsi sebagai pencahayaan dan merupakan bagian paling penting untuk pertumbuhan tanaman.

    !! Temukan kemudahan dan nuansa baru berbelanja online aquascape !!

    Pachira Aqua5cape : Menyediakan kebutuhan Aquarium Tanaman Hias Air Tawar, berupa Ikan, Udang, Keong, Tanaman Stem Moss, Anubias, Peralatan Aquascape

    www.aqua5cape.com



    ReplyDelete